Jumat, 12 Desember 2008

FPR (Fuel Pressure Regulator)

SARD FPR (Fuel Pressure Regulator) Vs BMC FPR (Fuel Press Ring)

Banyak rekan (termasuk saya) yang terkadang tergiur iklan bahwa dengan meningkatkan debit bensin pada tiap injektor, maka tenaga mesin bisa meningkat jauuhh... 

Sebetulnya bisa benar, tapi bisa juga salah. Jika mesin mengalami tambahan pasokan udara yang sangat extrim (turbo, kompressor, atau nitro), maka penambahan bensin mungkin dibutuhkan. Tapi itupun harus dibuat merata di tiap putaran. Tapi jika sekadar kohar atau BMC IHE system, sepertinya penambahan bensin belum diperlukan karena FPR standar masih sanggup melayani (selama debit udara yang masuk ke intake manipol tidak melebihi 1.2bar, maka menurut saya pribadi pemasangan FPR aftermarket belum dibutuhkan). 

Tapi sebodo amatlah, namanya juga coba2. Duitnya juga duit kita. Bethul? 
Nah, daripada coba2 pakai barang yang mahal, kita coba aja pakai barang yang murah.

SARD FPR ;

- Berguna untuk meningkatkan dan membuat konstan tekanan BBM di fuel rail sehingga debit tiap injektor pun akan meningkat
- Pada sebagian mobil yang telah mengalami agressive tune (turbo, nitro, full gorok) bisa meningkatkan power sampai 5HP (tergantung tuner juga sih)
- Pada mobil turbo yang low boost, sangat membantu untuk menyetel AFR dan lebih murah daripada membeli EMS aftermarket
- Dilengkapi dengan pressure meter berketelitian tinggi sehingga tekanan bisa diawasi dengan baik (usahakan jangan lebih dari 41psi)
Harga: Sekitar 800rb-1jt an di pasar kemayoran

BMC FPR;

- Sebuah hose clamp ukuran 3 cm yang bisa didapatkan di TB terdekat rumah anda
- "Bisa" meningkatkan tekanan BBM di fuel rail juga layaknya SARD FPR
- Bentuknya luar biasa menyedihkan dibandingkan dengan SARD FPR (hanya sebuah clamp...ngarepin apa sih??)
- Dilengkapi dengan "pressure meter" berupa kempotan yang menandakan bahwa jepitan clamp kekencengan sehingga tekanan bensin kegedean
Harga: Sekitar 2rb perak untuk ukuran 3cm, biasanya mengalami peningkatan sebesar 500 perak untuk tiap kenaikan 1cm diameter clamp

Penasaran bagimana caranya? Kita telaah lebih lanjut.

- Ikat clamp di selang balik yang menuju fuel pump pada FPR standar seperti pada gambar
- Untuk menambah tekanan di FPR, kencangkan clamp sehingga rada kempot
- Jangan terlalu kencang (keliatan lah dari kempotannya) karena selain tekanan BBM akan berlebihan dan menyebabkan fuel pump akan bekerja lebih berat dari biasanya, selang balik juga beresiko sobek sehingga bensin bisa bececeran

Adapun cara lain yang lebih aman untuk membuat BMC FPR (tapi lebih mahal pastinya), yaitu dengan membuka per FPR (bagian yang ada selang vakumnya) dan ditambah sekrup buat mengatur tekanan per sehingga tampak kayak gini;



Tinggal menambah pressure gauge, jadi deh FPR buatan dewek.

1 komentar:

  1. Om Bmc, posting cara stel co di vr afr baleno ala BMC, stelnya dgn perasaan tanpa alat,

    BalasHapus